Rabu, 18 September 2019

Mengenal Media Interaktif dan Software pembuatnya

MEDIA INTERAKTIF

Hy bertemu kembali bersama saya , maafsaya sudah lama ngak upload karana saya sedang sibuk
nah kali ini saya akan menjelaskan apa itu media interaktif 

A. Media Interaktif

Medai interaktif adalah sebuah produk dan layanan digital apda sistem berbasis komputer yang merespon tindakan pengguna dengan manyajikan konten seperti text, gambar bergerak, animasi, video, audio,dan game.Media interaktif sebenarnya mengacu pada produk multimedia dan layanan digital pada sistem IT yang merespon tindakan penggunan dengan menyajikian konten visual maupun audiaovisual

B. Macam macam Media interaktif

1. Media Interaktif Berbasis E-Learning
a. Moodle
Moodle Merupakan Salah Satu E-Learning Berbasis PHP Dan MySQL Yang Paling Populer . Mempunyai Fitur Jadwal Pembelajaran, Program Quiz, Presentasi Hasil Kerja. Moodle Juga Ada Modul Interaksi Siswa Dengan Guru Yaitu Chatforum, Workshop Atau Survey.

b. Fedena
Fedena Dilengkapi Fitur Untuk Kegiatan Pembelajaran Sampai Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Adanya Klasifikasi Akses Login Antar Pendidik, Tenaga Kependidikan, Siswa, Orang Tua Dan Manajemen Lembaga Pendidikan Membuat Fedena Jadi Alternative Terbaik Untuk Membangun E-Learning Institusi Pada Satuan Pendidikan.

c. Ilmukomputer
Ilmukomputer Adalah E-Learning Berbasis Komunitas Yang Menyediakan Sumber Belajar Khusus Ilmu Komputer Dalam Bahasa Indonesia Secara Gratis Dan Mudah.

d. Pesonaedu
Pesonaedu Hadir Sebagai E-Learning Khusus Mata Pelajaran Matematika Dan IPA. Kelebihan Dari Situs Ini Ialah Menyediakan Banyak Materi Yang Dilengkapi Dengan Gambar Animasi Sehingga Lebih Mudah Dan Menarik Untuk Belajar.

e. Fisikanet
Fisikanet Keluaran LIPI Ini Adalah E-Learning Khusus Mata Pelajaran Fisika. Tersedia Materi, Latihan Soal, Sejarah Dan Ruang Diskusi Seputar Mencari Penyelesaian Yang Berhubungan Dengan Pelajaran Fisika.

2. Media Interaktif Berbasis Web / Situs Online
a. Zenius Education
Zenius Education Adalah Situs Pembelajaran Online Yang Menyajikan Berbagai  Macam Materi Pembelajaran Dari Tingkat SD Sampai SMA. Tersedia Lengkap Dalam Bahasa Indonesia Dan Juga Gratis.

b. Wikipedia
Wikipedia Adalah Salah Satu Website Pendidikan Terbesar Di Dunia Yang Menyajikan Berbagai Macam Ulasan Materi Tentang Arti Kata, Penjabaran Sains, Sejarah, Biografi, Profil Negara Dan Lain Lain.

c. Kelas Kita
Kelas Kita Adalah Website Penyedia Berbagai Macam Kursus Bagi Pengunjung. Beragam Materi Pembelajaran Sampai Materi Pengetahuan Umum Ada Di Situs Ini.

d. Wolfram Alpha
Wolfram Alpha Adalah Portal Sumber Belajar Lengkap (Berbasis Bahasa Inggris) Tentang Matematika, Statistika, Astronomi, Seni Keterampilan Dan Lain-Lain.

e. Music Theory
Di Situs Music Theory Menyediakan Materi Yang Berhubungan Dengan Music Yaitu Pengenalan Music Dasar, Ritmis, Interval, Chord, Nada Diatonis, Dan Lain-Lain.

3. Media Interaktif Berbasis Software
a. Rekentest
Rekentest Adalah Software Pendidikan Gratis Untuk Praktek Keterampilan Aritmatika Menggunakan Konsep Kuis.

b. Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite
Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite Adalah Software Kalkulator Ilmiah Dengan Fitur Formula Yang Mudah Dan Sangat Lengkap.

c. Animals For Kids
Animals For Kids Adalah Software Pendidikan Berbasis Flash Card Mengenai Ensiklopedia Hewan Secara Lengkap.

d. Chinese Toolbox
Chinese Toolbox  Adalah Software Chinese Toolbox Hadir Sebagai Alat Bantu Dalam Mempelajari Bahasa China Dengan Baik Mulai Dari Tingkat Dasar.

e. ChemDigit
ChemDigit  Adalah Software Kalkulator Kimia Mengenai Perhitungan Kimia Lengkap.

4. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android
a. Aplikasi Kelas Kita
Aplikasi Ini Hadir Dengan Beragam Kelas Online Yang Dapat Kita Diikuti. Setelah Kita Memutuskan Untuk Mengikuti Sebuah Kelas, Kita Akan Mendapatkan Materi Yang Diberikan Secara Berurutan.

b. Aplikasi RuangGuru
Aplikasi Ruangguru Memungkinkan Kita Untuk Konsultasi Mengenai Materi Pembelajaran Lewat Chat Maupun Video Call. Sehingga Aplikasi Ini Dapat Dijadikan Narasumber Dalam Pembelajaran.

c. Quipper
Aplikasi Android Berbayar Ini Menyediakan Kumpulan Soal-Soal Terlengkap. Bisa Dijadikan Alternative Media Pembelajaran Interaktif Latihan Soal Untuk Siswa Dan Guru Akan Mengoreksi Dan Menilai Hasilnya.

d.Aplikasi Belajar Online Tryout UN SD
Bank Soal Latihan UN SD Versi Digital Yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Menguji Kemampuan Siswa Sebelum Menghadapi UN.

e. CBT UN SMP
Mirip Dengan Aplikasi Tadi Yang Dijelaskan, Cuma Saja Aplikasi Ini Untuk Siswa SMP.

5. Software pembuat Media Interaktif
1.Prezi digunakan untuk membuat frame frame yang tersusun dalam sebuah canvas tanpa batas
2.Flaypeper digunakan untuk mengabungkan gambar, video, flash, animasi bergerak, dan game
3.Snagit digunakan untuk capture layar monitor secara otomatis
4.Lectora digunakan untuk merancang media interaktif
5.Adobe Flash Profesional digunakan untuk membuat vector plus animasi gambar bergerak hingga         efek yang menarik
6.Windows Movie Marker digunakan untuk mebuat video slide sampai editing video untuk membuat     suatu media interaktif audiovisual
7.Microsoft Power Point digunakan untuk menampilkan suatu tugas kelompok atau mandiri
8.Filmora Wondershare hampisr sama dengan WMM untuk membuat video slide dan editing video
9.GoAnimate  digunakan untuk membuat hardwriting

C. Alur Multimedia

1. Pra produks
a. Konseptualisasi atau ide
Proses pembuatan multimedia dimulai dengan sebuah “gagasan” atau “visi” yang merupakan titik awal konseptual.

b. Tujuan proyek
Pengembang multimedia  harus menentukan tujuan yang harus dicapai oleh produk akhir multimedia tersebut. Tujuan harus bisa dihitung(measurable) dan ditelaah dari sudut pandang pengguna.

b. Target Audience
–   Umur
–   Latar belakang pendidikan
–   Strata sosio ekonomi
–   Latar belakang etnis
–   Bahasa
–   Profesi
–   Ekspektasi

c. Media
–   CD-ROM
–   Disk
–   web
–   Intranet
–   Perangkat apa yang dimiliki oleh pengguna

d. Authoring Tools
Pengembang menentukan tool-tool authoring apa yang digunakan.

e. Planning
Dalam tahapan ini perlu adanya perencanaan yang matang pada awal sebelum project dimulai. Perencanaan meliputi:

– Time Planning
    membuat timeline project secara detail mulai dari proses konsep, desain, sampai produksi.
– Work Planning
    Membuat workflow yang jelas
– Financial Planning/Budgeting
    Membuat perhitungan biaya yang jelas dan rasional.

f. Legalitas
Produsen dan pengguna program multimedia harus menyadari dan mematuhi undang-undang hak cipta.

2.Prodiction
a. Konten
Konten adalah obyek-obyek yang terdapat pada aplikasi yang sedang dikembangkan.

b. Pemrosesan isi
Proofing, editing, assembly, formatting, compression

c. Merevisi isi dan software
Menetapkan desain akhir,  yang sudah umpan balik (dari tester)yang berkesinambungan dan modifikasi yang diterapkan pada seluruh proses produksi

d. Membangun / membuat versi alfa
Ditetapkannya fungsionalitas, kelengkapan implementasi utama, mengintegrasikan semua modul dalam satu kesatuan.

e. Evaluasi :
Mengevaluasi setiap hambatan yang terjadi

f. Membangun / membuat versi beta
Versi alfa direvisi dan di launching ulang sebagai versi beta.

3. Tahap Pasca Produksi
a. Evaluasi
Evaluasi terakhir dilakukan setelah mendapat umpan balik dari beta testing.

b. Merevisi
Revisi pada pasca produksi berarti melakukan penyesuaian akhir pada produk

c. Meluncurkan produk jadi
Produk diberikan kepada pengguna atau kepada klien.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Media Interaktif dan Software pembuatnya

MEDIA INTERAKTIF Hy bertemu kembali bersama saya , maafsaya sudah lama ngak upload karana saya sedang sibuk nah kali ini saya akan menjel...