Kamis, 09 Mei 2019

PEGERTIAN ANIMASI 2D DAN CONTOH SOALNYA

Hy bertemu kembali bersama saya , maafsaya sudah lama ngak upload karana saya sedang sibuk
nah kali ini saya akan membuat soal tentang aniamsi 2 D

A. Pengertian ­­­Animasi 2 Dimensi
Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Disebut animasi dua dimensi, karena 2D mempunyai ukuran panjang (X-azis) dan ( Y-axis). Realisasi nyata dalam perkembangan dua dimensi yang cukup revolusioner yakni film kartun. Dan animasi 2D adalah animasi yang menggunakan sketsa gambar, lalu sketsa gambar ini digerakkan satu persatu, maka tidak akan terlihat seperti nyata. Disebut animasi 2 dimensi karena dibuat melalui sketsa yang yang digerakan satu persatu sehingga nampak seperti nyata dan bergerak. Animasi 2D hanya bisa dilihat dari depan saja. Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.


B. Teknik Animasi Dua Dimensi
Animasi dua dimensi atau animasi dwi-matra dikenal juga dengan nama flat animation. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan dalam proses pembuatannya, antara lain dengan sistem:
1.Cell Technique (Film Animasi Teknik Sel)
      Teknik cell ini merupakan teknik dasar pembuatan film animasi klasik. Rangkaian gambar dibuat di atas lembaran transparan yang tembus pandang/sel (cell). Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background) dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.2.Teknik Bayangan
      Pada teknik bayangan figur setiap adegan dibuat dengan mempergunakan lempengan karton atau kulit. Media tersebut digunting sesuai karakter figurnya. Tokoh yang ditampilkan biasanya tampak samping agar karakternya terlihat jelas. Efek siluet yang ditimbulkan dari sorotan lampu di belakang layar ke objek figur tersebut menjadikan kesan tersendiri saat ditonton. Jika media tersebut dijauhkan dari layar akan terlihat membesar dan jika ditempelkan ke layar akan terlihat ukuran media yang sebenarnya. Wayang (bayang) kulit merupakan salah satu yang termasuk mempergunakan teknik ini.
3.Teknik Computing 2D       Animasi dua dimensi setelah perkembangan teknologi komputer di era delapan puluhan juga merasakan imbasnya. Yang sangat signifikan dirasakan adalah kemudahan dalam proses pembuatan animasi. Untuk penggarapan animasi sederhana, mulai dari perancangan model hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat dan dapat dengan cepat pula diadakan perubahan. Sementara dengan teknik manual, setiap detail kesalahan terkadang harus diulang kembali dari awal.Keunggulan lainnya adalah dalam penggandaan objek animasi. Teknologi komputer memungkinkan penggunanya untuk tidak melakukan kegiatan yang sama berulang-ulang. Hanya dengan copy dan paste maka gambar yang sama dapat digandakan dan diolah kembali, diperbesar, diperkecil, ditambah maupun dikurangi setiap elemennya. Kemudahan dalam segi fasilitas yang ditunjang oleh teknologi ini memungkinkan setiap kita bisa mempelajarinya untuk membuat sebuah animasi, baik berupa film maupun animasi sederhana.4.Teknik Computing 3D
       Berbeda dengan teknologi animasi 2D, pada teknik 3D atau tiga dimensi, ilusi yang disuguhkan terkesan memiliki ruang dan kedalaman. Pada gambar yang hanya memiliki dimensi (ukuran) panjang dan lebar (2D) kesan kedalaman belumlah muncul. Ketika dimensi ke tiga (kedalaman) berperan, maka ilusi tersebut baru terlihat nyata. Logika matematis terlihat perannya di sini, ketika mengejawantahkan kesan ruang suatu benda. TInggal lagi, bagaimana menyulap mata sehingga kesan (yang sebenarnya 2 dimensi) menjadi tiga dimenPada abad ke-21 ini, di mana teknologi computer dapat memanipulasi bentuk, maka perkembangan teknik animasi-pun terkena imbasnya. Gambar yang biasa ditampilkan secara flat, dengan efek tiga dimensi, sebuah benda yang direkayasa dapat dibidik pandangannya dari segala arah


C. Stop-motion animation
Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan .Tehnik stop-motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi.Teknik Pembuatan Animation Stop-motio

Contoh Soal

1.Dibawah ini yang tidak termasuk prinsip-prinsip animasi adalah...
Staging
A.Pose to pose
B.Slow in and slow out
C.Arch
D.Follow straight

2.Dibawah ini yang tidak termasuk kepekaan yang harus dimiliki seorang
animator adalah...
A.Anatomi
B.Komposisi
C.Timming
D.Berat
E.Keseimbangan

3.Menentukan kepadatan gambar merupakan contoh dari...
A.Spacing
B.Timming
C.Secondary action
D.Arch
E.Slow inand skow out

3.Menegaskan kembali bahwa setiap gerakan memilikipercepatan dan
perlambatan yang berbeda-beda. Merupakan pengertian dari...
A.Secondary action
B.Arch
C.Slow in and slow out
D.Pose to pose
E.Straight ahead

4.Dibawah ini yang termasuk pendekatan umum yang biasanya digunakan
untuk menganimasikan adalah...
A.Sguash and stretch
B.Timming and spacing
C.Slow in and slow out
D.Straigh ahead dan pose to pose
E.Anticipation and staging

5.Macromedia flash digunakan untuk...
A.Melakukan pembaruan
B.Melakukan tracking
C.Perencanaan storyboard
D.Penyetingan backgroud
E.Memasukkan gambar ke layer

6.Hal yang membuat alur cerita tampak mengalir sesuai gambar disebut...
A.To Scane
B.Animasi
C.Target man
D.Frame
E.Pembuatan background storyboard

7.Tahap pertama dalam menyatukkan objek gambar disebut...
A.Scane
B.Frame
C.Background
D.Target man
E.Man

8. Tool-tool yang ada di software digunakan untuk...
A.Pembuatan gambar
B.Pewarnaan
C.Penggabungan pice
D.Pembuatan storyboard
E.Pembuatan cerita

9.Software yang digunakan dalam membantu proses scaning adalah...
A.Eraser
B.Corel draw
C.Adobe light room
D.Adobe photoshop
E.Pic 5 art


10.Negara asal animasi
A.Amerika dan India
B.Amerika dan Australia
C.Amerika dan Perancis
E.Amerika dan Eropa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Media Interaktif dan Software pembuatnya

MEDIA INTERAKTIF Hy bertemu kembali bersama saya , maafsaya sudah lama ngak upload karana saya sedang sibuk nah kali ini saya akan menjel...